Hanako Showa Robot Pertama Pasien Dokter Gigi

Orang jepang memang unik. Mengapa saya katakan unik? Mereka menemukan temuan-temuan aneh yang orang belum pernah bayangkan sebelumnya. Dan tidak jarang temuan mereka membuat kita tertawa. Seperti baru-baru ini mereka mengembangkan robot pasien dokter gigi. Robot humanoid ini memang dikususkan untuk praktek belajar. Kalau dilihat sepintas humanoid robot ini seperti terminatornya arnold schwarzenegger. Berikut ulasan tentang robot humanoid ini.


Para dokter dari Sekolah Kedokteran Gigi Universitas Showa telah bekerja sama dengan pengembang robot tmsuk dari Kyushu untuk membuat robot pasien dokter gigi. Humanoid wanita yang bernama Hanako Showa tersebut dirancang sebagai alat pelatihan untuk siswa kedokteran gigi. Selain meringis kesakitan ketika seorang dokter gigi yang dalam pelatihan membuat kesalahan.

Para dokter dari Sekolah Kedokteran Gigi Universitas Showa telah bekerja sama dengan pengembang robot tmsuk dari Kyushu untuk membuat robot pasien dokter gigi. Humanoid wanita yang bernama Hanako Showa tersebut dirancang sebagai alat pelatihan untuk siswa kedokteran gigi. Selain meringis kesakitan ketika seorang dokter gigi yang dalam pelatihan membuat kesalahan, robot tersebut dapat memutar matanya, berkedip, menggerakkan rahangnya, dan menggoyangkan lidahnya. Untuk menambah unsur realisme, ia mengendurkan otot rahangnya ketika dia mulai lelah, dan ia juga mengeluarkan air liur. Tim peneliti robot tersebut dipimpin oleh profesor Atsuo Takanishi dari Universitas Waseda, yang sebelumnya bekerja dengan tmsuk untuk mengembangkan humanoid emosional KOBIAN tahun lalu.

Unik bukan, satu hal yang membuat penemuan ini aneh dimata saya yaitu setiap gigi dihubungkan dengan kable mikroskopis yang berfungsi menjadi syaraf buatan sehingga dapat menimbulkan ekspresi kesakitan sampai mengeluarkan air liur, nah kalo tiap gigi itu dicabut bisa dibayangkan berapa harga untuk menyambung gigi itu lagi untuk di buat praktek selanjutnya? tentunya para calon dentis harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menggunakan alat ini sebagai..ckckckckckckc
Share on Google Plus

About Hyosoka Kuroudo

Seorang freelance designer dengan passion blogging dan memberitakan sesuatu yang unik dan edukatif. web: www.pernahwaras.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar