Senin, 07 Juni 2010

Tom & Jerry, Film Kartun Legendaris Peraih 7 Piala Oscar


Anda pasti tidak menyangka kartun keluarga ini merupakan salah satu kartun terhebat sepanjang masa. Tidak tanggung-tangguh 7 piala oscar pernah disabetnya. Tom and Jerry adalah sebuah serial animasi Amerika Serikat hasil produksi MGM yang bercerita tentang sepasang kucing (Tom) dan tikus (Jerry) yang selalu bertengkar. Seri animasi ini adalah pemenang Academy Award (Piala Oscar) dan membentuk dasar dari seri sukses studio Metro-Goldwyn-Mayer (MGM). Cerita pendek mereka ini diciptakan, ditulis dan disutradarai oleh dua orang animator bernama William Hanna dan Joseph Barbera (mereka kemudain terkenal sebagai Hanna-Barbera).

Seri animasi ini diproduksi oleh MGM Cartoon Studio di Hollywood pada tahun 1940 hingga 1957 saat unit animasi studio tersebut ditutup. Pada tahun 1960, MGM mempekerjakan Rembrandt Films (pimpinan Gene Deitch) di Eropa Timur untuk memproduksi seri Tom and Jerry ini.

Produksi Tom and Jerry kembali ke Hollywood pada tahun 1963, dikerjakan oleh Sib-Tower 12 Productions pimpinan Chuck Jones. Seri produksi ini berlangsung hingga tahun 1967.Tom and Jerry muncul kembali di acara kartun televisi hasil produksi Hanna-Barbera (1975-1977; 1990-1993) dan Filmation Studios (1980-1982).

Tomas alias Tom

Tom adalah seekor kucing rumah berwarna abu-abu kebiruan (warna bulu Tom sangat mirip dengan warna bulu kucing Biru Rusia) yang hidup dalam kemanjaan.Tom sangat cepat marah dan mudah tersinggung. Walaupun penuh semangat dan bertekad bulat, niat Tom selalu kalah dengan otak dan kelihaian Jerry.Tapi, hasil sebaliknya bisa terjadi. Terkadang, Tom menjadi pemenang, dari berapa ratus episode Tom and Jerry, hanya tiga belas episode yang menyatakan Tom keluar sebagai pemenang pada akhirnya. Kasihan..


Jerry
Jerry adalah seekor tikus kecil berwarna coklat yang selalu tinggal dekat dengan dimana Tom hidup.Jerry adalah karakter yang hidup bebas dan sangat pandai mengambil kesempatan. Tikus yang satu ini benar-benar usil menggemaskan. Jika dia mengalami kesusahan wajahnya sangat melas.



Episode-episode yang memenangkan oscar adalah:
*The Yankee Doodle Mouse tahun 1943
*Mouse Trouble tahun 1944:
*Quiet Please tahun 1945:
*The Cat Concerto tahun 1946:
*The Little Orphan tahun 1948
*The Two Mouseketeers tahun 1951
*Johann Mouse tahun 1952


2 komentar:

Deen on 7 Juni 2010 23.11 mengatakan...

Salah satu film kesayangan dari kecil, sampe sekarang..
Top banged dah buat ini film walopun ditonton berulang2..

Qori Reader on 22 Maret 2012 03.21 mengatakan...

gw penggemar tom and jerry, kalau boleh dibilang, versi klasiknya lebih lucu menurut gw. Selain itu humornya juga lebih dewasa. Favorit episode yg gw suka pas si Tom jadi bayi diejekin teman-temannya. Itu paling lucu menurut gw.

SALAM Qori Menulis.

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com