Bendera Arema Indonesia Berkibar Di Piala Dunia, Aremania Korwil Kongo Wakili Indonesia

Fanatik dan fantastik. Itulah kata-kata yang bisa saya ucapkan untuk aksi suporter kesebelasan Arema Indonesia ini. Bagaimana tidak, tidak peduli puluhan juta rupiah uang yang dikeluarkan siap dikorbankan untuk mengibarkan bendera Arema di piala dunia Afrika Selatan malam ini 11 juni 2010. Dari Johannesberg, Afrika Selatan diberitakan bahwa Harie pandiono paimin Ketua Korwil Aremania Republik Demokratic Kongo akan membuat sejarah dengan mengibarkan bendera kebesaran arema di Piala Dunia Afrika Untuk pertama kalinya.

“dari bumi arema mengalir untuk indonesia, australia, usa, dipijaklah tanah africa (home of football) dikibarkan di fifa world cup 2010 tunggu di johannesburg 25 jun – 11 july 2010,” begitulah kalimat dalam email terakhir sam harie (panggilan harie pandiono) yang kamis (10/6) petang.

Dalam kalimat singkat itu, harie mencoba menjelaskan bagaimana perjalanannya selama bertahun-tahun. Setelah bekerja di perusahaan tambang raksasa newmont nusa tenggara di sumbawa, ia pindah ke newmont asia pasific di australia pada 2007. Di sela itu ia pernah bertugas di colorado as. Sedangkan sekarang ia mengais dolar sebagai senior project admin/cost control manager - tenke fungurume mining at freeport-mcmoran copper & gold drc.

Harie yang mengaku pernah tinggal di kawasan sumbersari, kota malang itu menuturkan, sejak lama mengidam-idamkan bendera arema indonesia berkibar di ajang sepak bola dunia. Ia ingin dunia tahu di indonesia ada klub sepak bola profesional dengan pendukung fanatik, yaitu arema indonesia. Ke mana pun ia pergi selalu membawa bendera arema, sekalipun kecil.

“setelah amerika, australia, dan asia tenggara, sekarang afrika di fifa world cup 2010 sekitar 2 - 3 tahun tinggal di sini. Tahun 2012 ayas berencana ke zazirah arab (abu dabi, emirat dan sekitarnya itu pun kalau ada lowongan di sana jadi sambil cari duit yo mengibarkan bendera) harus berkibar aremania di sana, sebab sekarang daerah arab korwil aremania masih melempem. Setelah itu ke europa, sebab sekarang melempem juga aremania europa,” demikian isi surat elektronik harie.

Harie sangat serius dengan bendera itu. Ia mengeluarkan duit beberapa juta rupiah untuk memesan bendera raksasa itu pada seorang teman di malang. Setelah jadi bendera berukuran 6×8 meter seberat 10 kilogram itu dikirim melalui jasa pengiriman dan tiba di kongo pada 28 mei.

Dalam salah satu email-nya, harie mengungkapkan ada doa bersama lintas agama di kongo sebelum berangkat ke afrika selatan pada 19 juni.

“saya sudah nazar seandainya south africa masuk semifinal, bendera arema indonesia ini (sekarang 6 meter x 8 meter seberat 10 kilo) akan dilipatkan menjadi 30 meter x 40 meter berat menjadi 50 kilo nantinya sebelum 11 agustus 2010 (ulang tahun arema indonesia),” katanya dalam email lain dalam milis arema di grup yahoo!.

Kecintaan harie pada arema tidak perlu diragukan. Ketika bertugas di colorado pada 2003, ia nekat menghabiskan uang 20.000 dolar as dan terbang sejauh 16.000 km selama 32 jam nonstop hanya untuk pulang ke indonesia dan menyaksikan pasukan singo edan berlaga dan memenangi copa indonesia di jakarta. Jumlah itu sangat tidak seimbang dengan harga tiket masuk stadion yang waktu itu hanya rp 15.000.

“ongkos us$20,000 + rp 15.000 bisa buat nonton barcelona di kandang selama 3 musim, tapi cuma bisa nonton aremania sekali setahun karena jadi korwil aremania usa salah satu korwil terjauh di dunia,” tulisnya.

Dalam salah satu email terakhir di milis, harie mengaku pulang sebentar ke malang maret 2010 untuk mengurus pembuatan bendera raksasa itu. “setelah itu, april, harus balik ke johannesburg untuk mengurus izin dan mengambil tiket piala dunia,” katanya.

Inilah bukti bahwa arema tidak kemana-mana tetapi ada dimana-mana. SALAM SATU JIWA UNTUK INDONESIA DAN DUNIA.

Dikuti dari harian pagi Surya kamis 10 Juni 2010 dan rekan aremania kaskus.us
Share on Google Plus

About Maulana

Seorang freelance designer dengan passion blogging dan memberitakan sesuatu yang unik dan edukatif. web: www.pernahwaras.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. ih gak punya foto aslinya ya mas?
    huhuhu..

    BalasHapus
  2. sebagai aremania ayas bangga sam 'BENDERA AREMANIA'menancap ampe mancanegara.........salam satu jiwa

    BalasHapus