Festival Unik, Kuil di Jepang Untuk Mengobati Ambeien

Jepang memang ssangat kaya akan kuil-kuil Shinto dan Budhanya, begitu juga dengan festival-festivalnya. Diantara festival tersebut banyak bagi gaikokujin (orang asing) yang dirasa aneh dan tidak umum. Salah satu festival tersebut adalah kisai (奇祭), sesuai arti dari namanya, festival tersebut memang festival aneh ^^.

Bagi orang jepang sekalipun festival ini banyak yang menganggap ganjil. Tapi bagi penganut Shinto, agama tanpa pandangan dogma benar dan salah (tak ada orang yang sempurna), adalah sebuah festival yang penting untuk memuja para dewa (kamisama). Banyak dari festival aneh seperti ini didesain untuk menyenangkan para dewa, bagi warga penganut Shinto sangat penting bagi mereka untuk memiliki rasa humor dan memuja para dewa dengan pikiran terbuka.

Seperti yang di kutip dari IT Media, ada sekitar 70 orang yang ikut serta dalam festival di kuil Kunigami, Prefektur Tochigi. Jepang memiliki lebih dari ratusan bahkan ribuan kuil Shinto, tetapi kuil yang satu ini sepertinya khusus berhubungan dengan wasir atau ambeien ^^.

Sebuah tradisi setempat menyebutkan bahwa barang siapa bagi mereka yang menggesekkkan punggungnya pada patung kami kemudian memakan telur persembahan akan sembuh dari ambeien mereka. Festival ini sempat berhenti pada tahun 1988 kemudian 2 tahun yang alalu kembali dilanjutkan. Saat ini kuil bukan lagi menggunakan air sungai sebagai media pembersih tetapi menggunakan batu pembersih pantat (Butt washing stone). Orang yang hendak berpartisipasi berdiri membelakangi batu dan merapalkan mantra puja-puja agar diberi kesembuhan wasir mereka atau meminta agar tidak pernah mendapat wasir seumur hidupnya. Wasir atau ambeien adalah salah satu permasalahan yang menyiksa, duduk sakit buang air pun sakit. Terasa menyeramkan memang tetapi siapa sangka festival pengusir wasir terlihat begitu menyenangkan. Enjoy your day in Japan bro.

(sumber : it media.co.jp)
Jalan ke Kuil yang Asri

Peserta menggesekkan pungungnya ke batu keramat

Pendeta Shinto sedang ritual

 

Try it On ^^




Share on Google Plus

About Hyosoka Kuroudo

Seorang freelance designer dengan passion blogging dan memberitakan sesuatu yang unik dan edukatif. web: www.pernahwaras.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar